Lumpia Goreng (Semarang)

Lumpia Goreng (untuk 3-5 porsi / up to 3-5 servings)
kulit lumpia secukupnya
tepung terigu (dicampur dengan sedikit air, digunakan sebagai lem untuk menempelkan kulit lumpia)
15gr bawang putih
20gr bawang merah
200gr rebung muda
150gr udang
75gr wortel
1sdm gula pasir
1sdm kecap manis
sedikit merica bubuk (ujung sendok teh)
sedikit garam (ujung sendok teh)
Cara Membuat:

- Kupas udang dan buang bagian yang tidak perlu, cuci bersih. Didihkan air panas, masukkan udang sebentar hingga berwarna oranya kemerahan, angkat kemudian potong kecil-kecil dan sisihkan.
- Cuci rebung, masukkan ke dalam panci dan isi dengan air hingga tenggelam, rebus dengan api kecil hingga empuk. Tiriskan kemudian potong bentuk stik tipis-tipis, sisihkan.
- Cuci wortel kemudian iris tipis-tipis. Sisihkan.
- Blender bawang merah dan bawang putih, kemudian tumis dengan sedikit minyak goreng di atas wajan dengan api kecil hingga harum. Masukkan wortel, rebung serta udang yang sudah dipotong-potong, tambahkan gula, kecap manis, merica dan garam. Bolak balik hingga bumbu tercampur rata. Sekarang isi lumpia sudah siap. Tunggu hingga dingin.
- Siapkan kulit lumpia, taruh isi lumpia di atasnya, kemudian lipat kulit lumpia dan ‘lem’ dengan tepung terigu yang sudah dicampur dengan sedikit air. Ulangi hingga isi lumpia habis.
- Panaskan wajan dan minyak goreng, kemudian goreng semua lumpia di atas dengan menggunakan api kecil. Angkat dan taruh di atas tissue agar lumpia tidak terlalu berminyak. Sajikan hangat.
- Untuk bumbu lumpia: Siapkan 10gr bawang putih, 1sdm taoco, tambahkan kecap manis, cabe dan garam secukupnya. Tambahkan dengan air kurang lebih 1 gelas aqua dan rebus dengan api kecil hingga mengental.

sumber : www.agungsari.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails